Kamis, 04 Agustus 2011

TIps.... Food

4 Ciri Ayam Kualitas Baik

Johan Sompotan - Okezone 
(Foto: gettyimages)
(Foto: gettyimages)
DAGING ayam menjadi bahan masakan yang dibutuhkan banyak orang. Jangan salahkan diri bila mendapatkan ayam tidak segar. Kuncinya, pahami trik memilih.

Agar Anda lebih paham memilih daging ayam kualitas baik, simak tip Otong Arif Solehudin selaku chef Signature Restaurant Hotel Indonesia Kempinsky kepada okezone, Rabu (4/8/2011).

Perhatikan bentuk

Perhatikan warna daging. Ayam yang masih bagus, dagingnya terlihat segar. Kulitnya tidak kebiru-biruan sebagai tanda ayam membusuk.

Aroma

Kalau dengan memerhatikan daging belum cukup, ciumlah baunya. Daging ayam yang masih baik, aromanya masih segar.

Di pasar tradisional, Anda bisa membeli ayam hidup, berbeda dengan supermarket. Perhatikan penampilan; daging yang baik warnanya kuning keputihan, bukan pucat, juga terdapat semacam garis di kulit ayam. Ayam segar tidak mengeluarkan bau dan lendir.

Tekstur

Raba daging ayam untuk mengetahui teksturnya. Kalau hanya melihat, Anda tidak akan bisa memilih daging berkualitas. Tekstur daging ayam yang baik adalah kenyal dan tidak lembek.

Penyimpanan

Setelah mendapatkan daging ayam yang baik, jangan lupakan penyimpanan. Simpan ayam di temperatur yang terjaga; di freezer minus 18 derajat Celsius, chiller sehari sebelum diproses harus dengan temperatur 4 derajat Celsius. Bila tidak mempunyai chiller, Anda harus segera mengolahnya sebab kualitas daging ayam yang baik akan berubah dua hari kemudian bila Anda menyimpannya di lemari pendingin.(ftr} 


Sumber : Okezone Food
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar