Berita Terkini

Loading...

Sabtu, 17 September 2011

Jangan Pilih Es Krim Saat Berkencan

minum kopi bisa meningkatkan kehangatan saat kencan


KOMPAS.com - Menyeruput secangkir cokelat hangat sambil berselimut tebal saat hujan turun pastinya sangat nikmat. Atau mandi dengan air hangat usai menghadapi situasi kantor yang menyebalkan, pasti sangat menyegarkan. Hal ini membuktikan bahwa suhu hangat bisa menjadi kunci untuk menghangatkan perasaan dan menenangkan hati.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ijzerman dan Semin, penulis buku The Thermometer of Social Relations: Mapping Social Proximity on Temperature, menunjukkan adanya hubungan antara kehangatan fisik dengan kehangatan psikologis. Sebagai contohnya, duduk di sebuah ruangan yang hangat bisa membuat Anda dan pasangan lebih dekat satu sama lainnya.

Hal ini juga diperkuat oleh pernyataan William dan Bargh dalam bukunya yang berjudul Experiencing Physical Warmth Promotes Interpersonal Warmth. Menurut mereka, minum secangkir kopi panas bisa membantu Anda lebih tenang dan bersikap lebih baik. Secangkir kopi panas juga bisa membuat Anda dan pasangan lebih nyambung dan santai saat berkencan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa bagian otak yang sama bereaksi terhadap kehangatan fisik yang berimbas pada kehangatan psikologis.

Kehangatan psikologis bisa membuat Anda merasa tenang dan lebih baik. Hal inilah yang kemudian akan memberikan suatu perasaan nyaman dan tenang ketika sedang ngobrol dengan si dia. Suasana hangat dan ketenangan hati membantu Anda untuk bersikap lebih baik di hadapan pasangan, sehingga si dia makin terpikat.

Namun, hal kebalikannya pun berlaku juga. Perasaan yang dingin, yang disebabkan oleh sesuatu yang dingin seperti memegang es batu, akan berpengaruh pada perasaan hati seseorang. Orang yang merasa kedinginan akan merangsang jaringan saraf dan bagian otak lainnya sehingga menciptakan perasaan sendirian dan diacuhkan orang lain. Faktanya, membuat orang dalam suasana "dingin" cenderung lebih memberikan efek negatif daripada saat merasakan hangat dan dicintai.

Maka, akan lebih baik jika Anda mengajak pasangan berkencan dan menikmati kopi dibanding dengan menikmati es krim. Namun, hal ini tidak berarti bahwa semangkuk es krim yang menyegarkan selalu berdampak negatif pada pasangan. Sah saja jika ingin menikmati es krim saat kencan, karena dinginnya es krim malah bisa mendinginkan suasana hati yang sedang panas. Seperti yang diungkapkan Wang dan Anderson, penulis buku Is The Curve Relating Temperature to Aggression Linear Or Curvilinear?, bahwa suhu panas dalam diri seseorang bisa saja berhubungan dengan perilaku agresif seseorang. Jika mengalami hal ini, maka es krim bisa saja mendinginkan suasana dan hati-nya.


Sumber : Famale Kompas

Komnas Perempuan: Pemerkosaan Tak Terjadi karena Rok Mini



JAKARTA,Dirgantara Info Media 
Meningkatnya kasus pemerkosaan dan maraknya pelecehan seksual di kendaraan umum semestinya tidak dikaitkan dengan pakaian, dalam hal ini rok mini.
Komisioner Komnas Perempuan, Neng Dara Affiah memberikan pernyataan tegas merespons pernyataan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, yang melarang perempuan mengenakan rok mini di kendaraan umum, agar tak terjadi pemerkosaan dan pelecehan seksual.

"Sebagai pejabat publik, dalam hal ini seorang gubernur, pernyataan Fauzi Bowo tidak memiliki sensitivitas terhadap masalah perempuan. Seharusnya, pemerintah dan negara memberikan jaminan keamanan transportasi publik. Bukan menempatkan perempuan pada pihak yang salah atau dipersalahkan. Pernyataan yang tak sensitif ini menempatkan perempuan sebagai obyek juga korban. Perempuan seolah-olah berada di pihak yang salah atas pemerkosaan atau pelecehan seksual yang dialaminya di kendaraan umum," jelas Neng Dara saat dihubungi Kompas Female, Jumat (16/9/2011) lalu.

Neng Dara menegaskan, pakaian tak dapat menjadi ukuran untuk seseorang dilecehkan atau tidak. Pakaian, lanjutnya, tidak menjadi faktor yang turut berkontribusi terhadap terjadinya pemerkosaan di tempat umum.

"Orang yang berpakaian tertutup tak lantas bebas dari pelecehan seksual dan pemerkosaan di tempat umum. Di Bali, orang merasa aman dan nyaman meski 'telanjang' di depan umum. Di Arab, meski perempuan memakai pakaian tertutup dengan Abaya, pemerkosaan di tempat umum tetap terjadi," jelasnya.

Menurut Neng Dara, pernyataan Fauzi Bowo yang melarang perempuan memakai rok mini di tempat umum tidak pantas disampaikan seorang pejabat publik. Apalagi pernyataan tersebut disampaikan terbuka pada masyarakat plural. Penduduk kota megapolitan yang heterogen.

"Orang terbiasa memakai blazer dan rok pendek, apalagi di kota besar yang heterogen seperti Jakarta. Melarang menggunakan rok pendek menyelewengkan kebiasaan yang sudah menjadi kelaziman. Setiap orang berhak memakai pakaian selama dalam batas kesopanan. Rok mini bukan menjadi alasan atas terjadinya pemerkosaan. Karena tindak kejahatan terjadi bukan karena rok mini, tetapi karena iklim dan mindset," terangnya.

Kalau ada orang yang tergoda dengan rok mini, alihkan saja pandangan bukan justru memelototinya. Juga jangan menempatkan perempuan selalu pada pihak yang dipersalahkan atas pilihannya berpakaian.

"Perempuan yang mengalami pelecehan jangan dipersalahkan karena pakaian mereka. Mindset masyarakat juga harus diubah. Terutama basis paradigma masyarakat yang masih memandang perempuan sebagai obyek yang pantas dilecehkan, bukan perempuan yang harus dihormati," lanjutnya.

Neng Dara mengaku khawatir, jika pejabat publik mengeluarkan pernyataan yang tidak hati-hati seperti ini, ada pihak-pihak yang membenarkan dan bahkan menjadi rujukan.

"Pernyataan yang tidak sensitif ini bisa saja dikutip atau bahkan dibenarkan. Padahal yang terpenting adalah bagaimana pejabat publik dan pemerintah membenahi masalah yang sebenarnya. Membenahi masalah transportasi dan memastikan jaminan keamanan kepada pengguna sarana transportasi publik, baik perempuan mau pun laki-laki," tutur Neng Dara, menambahkan masalah jaminan keamanan dan perlindungan di sarana transportasi tak lagi bisa dipandang sebelah mata.

Di sisi lain, perempuan yang kerap menjadi korban pelecehan di kendaraan umum, dan pemerkosaan juga perlu mengubah cara pandangnya. Perempuan korban jangan hanya menerima dan tak perlu takut untuk melaporkan dan memproses secara hukum kekerasan seksual dan ketidakadilan yang dialaminya.

"Celakanya, perempuan cenderung tak mempersoalkan jika mengalami kekerasan seksual, dan menerimanya sebagai kelumrahan. Sementara di negara maju, mereka yang sudah memiliki kesadaran hukum tinggi, tak sungkan membawa persoalan ke jalur hukum. Mindset perempuan dan laki-laki perlu diubah," tutur Neng Dara.

Data Komnas Perempuan pada 2010 menyebutkan, kasus kekerasan seksual terhadap perempuan, dalam bentuk pelecehan seksual dan pemerkosaan di tempat umum lebih tinggi dibandingkan kasus KDRT.

Adalah tugas negara dan pejabat pusat juga daerah untuk memberikan perlindungan di tempat umum, termasuk sarana transportasi. Selain juga mengubah cara pandang yang menempatkan perempuan sebagai obyek. Bukan justru sibuk mengatur cara perempuan berpakaian.

Sumber : Kompas 

Berita Terkait :

Transaksi Mencurigakan Jumlahnya Ratusan


KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.comPusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menginformasikan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat bahwa ada 21 transaksi mencurigakan milik salah satu anggota Badan Anggaran DPR. Transaksi mencurigakan itu jumlahnya ratusan dan bukan hanya milik satu anggota Badan Anggaran.

Hal ini diungkapkan anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional, Teguh Juwarno, menanggapi laporan PPATK terhadap pimpinan DPR di Jakarta, Sabtu (17/9/2011).

Menurut Teguh, dia mendapat informasi bahwa jumlah transaksi mencurigakan di Badan Anggaran (Banggar) DPR lebih dari 100. "Informasi yang saya dapat jumlahnya ratusan. Bukan hanya 21 transaksi mencurigakan," kata Teguh.

Teguh pun yakin pemilik transaksi mencurigakan tersebut bukan hanya satu orang sebagaimana informasi PPATK kepada pimpinan DPR.

Sebelumnya Teguh curiga, pimpinan DPR hanya mengincar anggota Banggar DPR dari F-PAN, Wa Ode Nurhayati, karena yang bersangkutanlah yang pertama kali membuka aib adanya praktik percaloan di Banggar yang juga melibatkan pimpinan DPR.

Teguh pun menantang pimpinan DPR membuka informasi soal transaksi mencurigakan di Banggar DPR. "Itu akan meruntuhkan DPR sendiri nanti," kata Teguh.

Sumber : Kompas

Berita Terkait :  Transaksi Seorang Anggota Banggar Mencurigakan

Pawai Budaya UKSW Berlangsung Meriah


KOMPAS/AMANDA PUTRI NUGRAHANTI Pawai budaya yang digelar 
mahasiswa baru UKSW Salatiga, Sabtu (17/9/2011) siang ini berlangsung meriah. 
Selain diikuti 1.000 mahasiswa UKSW, masyarakat juga menyambut antusias 
pawai dengan berdiri di sepanjang jalan yang dilalui



SALATIGA, KOMPAS.comRibuan warga Kota Salatiga, Jawa Tengah, tumpah ke jalan untuk menyaksikan pawai budaya Universitas Kristen Satya Wacana yang berlangsung pada Sabtu (17/9/2011) siang ini. Sekitar 1.000 mahasiswa mengenakan kostum aneka warna dan memainkan marching blek.

Pawai dalam rangka orientasi mahasiswa baru itu dimulai di kampus UKSW Salatiga, kemudian keluar menyusur jalan-jalan utama di Kota Salatiga hingga ke alun-alun utama, Lapangan Pancasila. Semangat tak pudar walaupun sempat diguyur hujan. Warga menunggu di piggiran jalan untuk menonton pawai.

Kostum yang didesain sendiri oleh mahasiswa mewakili aneka budaya yang ada di Indonesia. Dari kostum Jawa Timur, Bali, Dayak, Toraja, hingga Papua memeriahkan pawai bertema "UKSW Rumahnya Bhineka Tunggal Ika" itu.
Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan UKSW Yafet Rissy mengatakan, tema mengenai kebhinekaan sengaja dipilih untuk memberi pesan perdamaian pada negeri ini. Beberapa waktu terakhir di Indonesia kerap dilanda konflik sosial yang mengatasnamakan perbedaan yang ada, seperti suku, agama, ataupun ras. "Seharusnya, kebhinekaan itu menjadi modal sosial," kata Yafet. 
Sumber : Kompas

Transaksi Seorang Anggota Banggar Mencurigakan


KRISTIANTO PURNOMO/KOMPAS IMAGES Gedung DPR, Jakarta


JAKARTA, KOMPAS.com Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tengah melakukan analisis terhadap temuan 21 transaksi keuangan mencurigakan yang diduga melibatkan seorang anggota Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat.

Demikian dikatakan Pramono Anung, Wakil Ketua DPR, saat diskusi di Kompleks DPR, Jumat (16/9/2011). Pernyataan Pramono itu berdasarkan surat dari PPATK.

Namun, Pramono tak bersedia menyebut siapa anggota Banggar yang dimaksud. Temuan PPATK itu, kata dia, sudah dibahas dalam rapat pimpinan DPR kemarin. Pramono berharap langkah PPATK itu dapat membongkar praktik penyimpangan di Banggar yang selama ini dituduhkan.

Selain itu, dia berharap aparat penegak hukum dapat menggunakan temuan itu dengan sebaik-baiknya. "Sering kali kalau terjadi kongkalikong (di Banggar) pasti melibatkan tiga pihak, yaitu pemerintah, kontraktor biasanya menggunakan broker, dan beberapa orang di Banggar," pungkas politikus PDI-P itu.

Seperti diberitakan, Banggar DPR tengah disorot setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap sejumlah kasus suap di kementerian. Terakhir, KPK membongkar kasus suap di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang disebut melibatkan anggota Banggar.

Sumber : Kompas

Berita Terkait : Transaksi Mencurigakan Jumlahnya Ratusan

Aremania Tolak "Arema Kembar"

 
KOMPAS/DODY WISNU PRIBADI



MALANG, KOMPAS - Perpecahan dalam manajemen kepengurusan PS (Persatuan Sepakbola) Arema, telah merembet sebagai keresahan di kalangan supporter Arema, yakni Aremania.
Pada demonstrasi terakhir hari Jumat (16/9/2011), mereka berusaha mendesak Pemerintah Kota dan DPRD Kota Malang (Jawa Timur) agar tidak memberikan Stadion Gajayana, sebagai basis lapangan latihan Arema, setelah selama ini Arema merumput di Stadion Kanjuruhan, kecamatan Kepanjen (17 km dari Kota Malang).

Demonsrasi diikuti sekitar 3.000 orang dan berlangsung tertib. Aparat kepolisian yang sudah mendapat permintaan izin demonstrasi mengerahkan pasukan Dalmas, namun tak sampai terjadi benturan fisik, karena demonstrasi itu berujung perundingan dengan anggota DPRD Kota Malang.
Tokoh Aremania, Tembel dalam orasinya mengecam tak kunjung akurnya para pengurus Aremania, sementara kompetisi segera bergulir, dan dikhawatirkan Arema tak memiliki cukup waktu untuk persiapan. Aremania tidak mengerti dengan problem hukum yayasan dan kaitannya dengan sikap kukuh para pengurus yayasan yang kini terbelah dua.

"Aremania hanya ingin Arema segera mempersiapkan diri bertanding. Aremania menolak tegas jika konflik kepengurusan ini nanti bisa memunculkan dua PS Arema," tegas Tembel.

Konflik dalam Yayasan Arema pecah oleh ketidakjelasan status penguasaan Yayasan. Pengurus terbelah menjadi kubu Rendra Kresna yang semula duduk sebagai Pengawas Yayasan, dan kubu mantan Ketua Yayasan M Nur. M Nur beserta pengurus Siti Nurjanah dan tokoh pendiri Lucky Acub Zainal duduk di kubu lain.

Lucky yang menyejarah di kalangan akar rumput Aremania, oleh selebaran yang dibagikan para demonstran dinilai sebagai gangguan bagi lancarnya kepengurusan tahun ini. Para demonstran menuntut PSSI mengesahkan Arema Indonesia pimpinan Rendra Kresna, Edy Rumpoko dan Iwan Kurniawan, dan meminta PSSI membubarkan Arema Indonesia pimpinan M Nur, Siti Nurjanah serta Lucky Acub Zainal.

Setelah serangkaian orasi, perwakilan demonstran ditemani Kepala Kepolisin Resort Malang Kota Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Agus Salim menemui sejumlah anggota DPRD Kota Malang, dan kemudian para tokoh demonstran menarik massanya dari depan kantor Balai Kota Malang.

Sumber : Kompas

Makna Jeruk di Logo Google Hari Ini

 
Google 



KOMPAS.com - Google punya cara sendiri untuk ikut memperingati sesuatu. Google akan membuat logo yang berubah-ubah sesuai tema yang sedang dirayakannya hari ini. Logo tersebut dinamakan Doodle. Google Doodle yang terkenal adalah doodle Charlie Caplin, dan yang baru-baru ini muncul adalah Doodle untuk memperingati ulang tahun ke-65 musisi legendaris Freddie Mercury. Hari ini, Google Doodle muncul lagi, dengan gambar jeruk. Mengapa jeruk?

Hari ini Google Doodle merayakan ulang tahun ke-118 seorang ilmuwan besar Albert von Szent-Gy├Ârgy, "penemu" Vitamin-C dan ayah dari siklus asam sitrat. Ia adalah peneliti kelahiran Budapest yang memenangkan hadiah Nobel 1937 untuk penelitiannya seputar proses pembakaran bilogis dengan referensi untuk vitamin C dan katalisis fumaric acid.

Terlahir pada 16 September 1893, merupakan putra dari Nikolaus von Szent-Gyorgyi, profesor anatomi di University of Budapest. Tahun 1917 ia mulai bergabung dengan laboratorium pamannya, Michael dan belajar di sana sampai pecahnya Perang Dunia Pertama. Saat dimobilisasi, ia bertugas di front Italia dan Rusia. Ia menyelesaikan studi di Budapest dan kemudian bekerja berturut-turut bersama farmakolog G. Mansheld di Pozsony, dengan Armin von Tschemak di Praha, di mana ia belajar ektrofisiologi, dan dengan L. Michaelis di Berlin. Kemudian ia pergi ke Hamburg selama dua tahun.

Pada tahun 1920 ia menjadi asisten di University Institute of Pharmocology di Leiden. Tahun 1922 hingga 1926 ia bekerja dengan Hamburger HJ di Instritut Fisiologi, Groningen, Belanda. Pada tahun 1927 ia pindah ke Cambridge sebagai Fellow Rickefeller, bekerja di bawah FG Hopkisns, dan menghabiskan satu tahun di Yayasan Mayo, Rochester, Minnesota, sebelum kembali lagi ke Cambridge. pada tahun 1930 ia menjadi Kimia-kedokteran di University of Szeged dan tahun 1935 ia juga menjabat sebagai ketua dalam Kimia Organik. Pada akhir perang dunia kedua, ia menjabat sebagai Ketua Medis di Budapest sebelum pergi ke Hamburg selama dua tahun.

Penelitian awal Szent-Gyorgyi di Gronigen menyangkut reaksi kimia respirasi sel. Ia menggambarkan saling ketergantungan antara oksigen dan aktivasi hidrogen dan membuat observasi pertamanya pada co-dehydrases serta polyphenol oxidase systems dari tumbuhan. ia juga menunjukkan adanya zat pereduksi dalma jaringan tanaman dan hewan. Ia kemudia kembali ke Cambridge pada tahun 1929 dan menggambarkan aktivitas farmakologi dari nukelotida dengan drury.

Setelah kembali ke Hungaria, ia mencatat aktivitas anti-ascorbutic asam askorbat dan menemukan bahwa Paprika (Capsicum annuum) adalah sumber yang kaya vitamin C. Pada tahun 1938 ia mulai bekerja pada penelitian otot dan menemukan protein aktin dan kompleksitasnya. Ia juga mengembangkan penggunaan otot psoas kelinci sebagai bahan percobaan, mempublikasikan teori tentang masalah energetik dan menyelidiki regulasi pertumbuhan dan potensi membran sel. Ia juga meneliti fungsi hormon dan keenjar timus.

Szent-Gyorgyi aktif di beberapa perkumpulan saintis seperti the Academy of Sciences, Budapest dan the National Academy, Budapest. Ia pernah mengunjungi profesor Harvard University pada 1936 dan Fanchi Professor di University of Liege tahun 1938. Ia menerima Cameron Prize (Edinburgh) pada tahun 1946 dan the Lasker Award pada tahun 1954. Banyak tulisan yang dipublikasinya meliputi oksodasi, fermentasi, vitamin, kesehatan, dan penyakit (1939), kontraksi otot (1947), Kehidupan alami (1947), kontraksi otot tubuh dan di hati (1953), serta bioenergetika (1957).

Ia menikah dengan Cornelia Demeny, putri dari Jenderal Postmaster Hungaria pada tahun 1917. Slama tahun 1930-an ia aktif di kelompok anti-Nazi selama Perang Dunia II dan menjadi warga Swedia. ia diberikan bantuan ekstensif oleh Kedutaan Besar Swedia di Budapest. Pada tahun 1941, ia menikah lagi dengan Marta Borbiro, rekan kerjanya di Woods Hole dan dikaruniai satu anak perempuan. Hobinya adalah olahraga dan berlayar.

Sumber : Kompas

Simak Berita Lainnya :
Tombol "Subcribe" Facebook Saingi Twitter

Candi Lumbung Dipindah

 
world-travel-photos.com 
Candi Lumbung



MAGELANG, KOMPAS.com- Candi Lumbung yang semula berlokasi di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jumat (16/9/2011) kemarin, dipindah sejauh 500 meter ke Dusun Tlatar, Desa Krogownan, Kecamatan Sawangan.

Upaya ini dilakukan untuk mengamankan candi dari bahaya terjangan banjir lahar dingin, yang masih berpotensi terjadi di musim penghujan tahun ini.

Wagiyo, penanggungjawab lapangan pemindahan Candi Lumbung dari Balai Pelestari Peninggalan Purbakala, Jawa Tengah, mengatakan. Pemindahan candi dilakukan secara manual dengan melibatkan 25 pekerja. " Karena harus memindahkan batu candi satu demi satu, maka kami pun tidak bisa menargetkan kapan pekerjaan ini selesai," ujarnya.

Kepala Bidang Sejarah, Museum dan Purbakala, Bahasa dan Film, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Djoni Susmiyanto mengatakan, Candi Lumbung memang harus segera diselamatkan karena bangunan candi tinggal berjarak setengah meter dari permukaan Kali Apu, hulu Kali Pabelan.

Saat ini, candi tersebut juga sudah dalam kondisi kritis karena banyak batu candi berserakan dan tanah di sekitarnya sudah tergerus material lahar dingin yang terjadi di awal tahun 2011

Sumber : Kompas

Tombol "Subscribe" Facebook, Saingi Twitter


Layar Facebook




KOMPAS.com - Banyak orang menyukai Twitter karena sisi kepraktisannya dibandingkan Facebook. Dalam Facebook, jika Anda menerima permintaan pertemanan dari seseorang, maka secara otomatis Anda akan bisa mendapatkan semua update statusnya, begitu pula sebaliknya. Namun, dalam Twitter, jika Anda tidak follow seseorang, maka Anda tidak akan melihat status atau tweet seseorang meskipun ia mem-follow Anda.

Kelemahan Facebook adalah jika anda ingin mengikuti status selebritis, Anda harus mengirimkan permintaan pertemanan. Jika permintaan diabaikan, Anda tak akan bisa mendapat update status dari selebritis tersebut. Namun, kini Facebook berubah. Situs jejaring sosial dengan pengguna terbesar ini membuat sebuah fitur yang mirip Twitter.

Fitur tersebut bernama Subscribe. Tombol Subscribe sudah tersedia secara bertahap sehingga setiap pengguna Facebook bisa menggunakan tombol tersebut. Subscribe adalah layanan yang membantu pengguna untuk tetap mendapatkan update status dari seseorang meskipun tidak menjadi teman di Facebook. Coba klik link berikut http://www.facebook.com/about/subscribe lalu klik tulisan "allow subscriber" dan isi formulir yang muncul.

Akan ada pertanyaan apakah Anda mengizinkan orang lain menjadi subscriber Anda, jika ya, pilih on. Lalu ada pertanyaan apakah Anda mengizinkan subsriber Anda mengirimkan komentar, jika iya, pilih on. Lalu klik okay, maka siapapun akan bisa mendapatkan update status Anda tanpa harus menjadi teman di Facebook. Orang lain yang belum menjadi teman di Facebook bisa memilih tombol subscriber ini apabila permintaan pertemanannya diabaikan oleh Anda.

"Sekarang Anda dapat mengetahui informasi dari wartawan, selebritis, dan tokoh politik, dan orang lain juga. Klik tombol Subscribe pada profil seseorang untuk mendapatkan update publik mereka di News Feed Anda," ujar Facebook seperti dikutip situs Telegraph.

Tombol baru Subscriber ini akan muncul di setiap halaman pengguna Facebook, di samping kanan pesan dan penambahan teman. Tombol ini memungkinkan semua orang berlangganan update publik dari orang-orang yang diinginkan. Sebaliknya, status Anda juga bisa dibaca orang lain di seluruh dunia tanpa harus berteman dengan subscriber Anda.

Langkah ini dilihat oleh para ahli sebagai tantangan langsung ke Twitter dan upaya membuat lebih banyak orang berbagi sejumlah besar informasi publik, bukan hanya dengan teman-teman mereka. Menariknya, ketika pengguna Facebook mengirimkan permintaan pertemanan untuk orang lain, kini mereka otomatis menjadi subscriber update status pengguna, tanpa harus klik tombol Subscribe lagi.

Pada 2 September 2011 nanti Facebook dikabarkan juga akan mengumumkan layanan musik digital dalam kemitraan dengan Spotify dan Mog. Kita lihat apa lagi yang akan dilakukan Facebook untuk memberikan layanan bagi ratusan juta pengguna aktifnya.

Sumber : Kompas 

Simak Berita Lainnya :

Briptu Norman Mundur dari Brimob


KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI Briptu Norman Kamaru tampil 
menyanyikan lagu Chaiyya Chaiyya usai pertarungan tinju dunia kelas bulu WBA, 
antara Chris John melawan Daud Yordan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (17/4/2011) malam. 
Norman Kamaru menjadi populer setelah banyak pemirsa melihat aksinya berjoget dan 
bernyanyi lipsync lagu Shah Rukh Khan tersebut di youtube.com


GORONTALO, KOMPAS.com - Briptu Norman Kamaru anggota Brimob Gorontalo yang terkenal dengan "video lips sycn" lagu "Chaiya chaiya" menyatakan mundur dari anggota Brimob Kepolisian Daerah Gorontalo.

"Saya menyatakan mundur dari anggota Brimob," kata Norman kepada wartawan di Gorontalo, Jumat (16/9/2011).

Alasan mundurnya Norman dari anggota Brimob itu, menurutnya tidak ada hubungannya dengan karirnya di dunia musik, pengundurannya ini murni karena ia tidak ingin melanjutkan karir menjadi anggota Brimob. "Kemunduran saya ini tidak ada hubungannya dengan karir di dunia musik, saya murni mundur karena tidak ingin lagi menjadi anggota Brimob," ujarnya.

Dia juga menyatakan surat pernyataan pensiun dini dari anggota Brimob telah masuk di Polda Gorontalo, namun tidak mendapat persetujuan dari Polda. Untuk itu dirinya dan kedua orang tuanya, Sabtu ini (17/9/2011) akan berangkat ke Mabes Polri di Jakarta untuk mengajukan surat permohonan berhenti.

Sementara itu, Ayah Norman, Idris Kamaru mengaku mendukung pilihan anaknya untuk berhenti. "Kami akan mendampinginya menghadap Mabes Polri besok," kata Idris.

Sebelumnya Norman pernah menyatakan tidak akan pernah mundur dari anggota kepolisian dan tidak ingin melanjutkan karirnya di dunia musik. Pada tanggal 8 September Norman sempat diamankan oleh Polres Bolaang Mongondow (Sulawesi Utara) saat melakukan sesi pengambilan foto dan video klip lagu cinta gila ciptaan Farhat Abas di Madrasah Aliyah Negeri.

Akibat syuting itu Norman sempat terancam sanksi kurungan badan dari kesatuannya. Kejadian itu merupakan kali kedua bagi Norman dalam hal pelanggaran disiplin. Sebelumnya, dia juga pernah diberi sanksi akibat melakukan syuting di salah satu televisi swasta tanpa izin pimpinan.

Sumber : Antara / Kompas