Sabtu, 17 September 2011

Candi Lumbung Dipindah

 
world-travel-photos.com 
Candi Lumbung



MAGELANG, KOMPAS.com- Candi Lumbung yang semula berlokasi di Dusun Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jumat (16/9/2011) kemarin, dipindah sejauh 500 meter ke Dusun Tlatar, Desa Krogownan, Kecamatan Sawangan.

Upaya ini dilakukan untuk mengamankan candi dari bahaya terjangan banjir lahar dingin, yang masih berpotensi terjadi di musim penghujan tahun ini.

Wagiyo, penanggungjawab lapangan pemindahan Candi Lumbung dari Balai Pelestari Peninggalan Purbakala, Jawa Tengah, mengatakan. Pemindahan candi dilakukan secara manual dengan melibatkan 25 pekerja. " Karena harus memindahkan batu candi satu demi satu, maka kami pun tidak bisa menargetkan kapan pekerjaan ini selesai," ujarnya.

Kepala Bidang Sejarah, Museum dan Purbakala, Bahasa dan Film, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Djoni Susmiyanto mengatakan, Candi Lumbung memang harus segera diselamatkan karena bangunan candi tinggal berjarak setengah meter dari permukaan Kali Apu, hulu Kali Pabelan.

Saat ini, candi tersebut juga sudah dalam kondisi kritis karena banyak batu candi berserakan dan tanah di sekitarnya sudah tergerus material lahar dingin yang terjadi di awal tahun 2011

Sumber : Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar