Jumat, 16 September 2011

Rossi: Saya Akan Pergi ke Jepang


AFP Pebalap Ducati, Valentino Ross


ARAGON, Kompas.com - Pebalap Ducati, Valentino Rossi, mengakhiri spekulasi tentang keikutsertaannya di GP Jepang pada 2 Oktober mendatang. "The Doctor" memastikan bahwa dia pasti ikut pada seri ke-15 yang berlangsung di Sirkuit Motegi.

Dengan demikian, Rossi menjadi pebalap terakhir yang memiliki nama besar, yang meramaikan balapan di sana. Pasalnya, sebelum Rossi memberikan keputusan apakah memboikot GP Jepang tersebut, rivalnya dari Repsol Honda Casey Stoner, dan pebalap Yamaha Jorge Lorenzo, sudah lebih dulu mengatakan keikutsertaan mereka.

Pada pertengahan Agustus lalu, Rossi sempat memberikan sinyal akan absen. Juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut khawatir dengan kondisi di Jepang, menyusul kerusakan reaktor nuklir di Fukushima, akibat bencana gempa bumi dan tsunami pada bulan Maret.

"Saya benar-benar tidak berpikir akan pergi ke Jepang. Saya berharap penyelenggara event akan membuat keputusan yang tepat, tetapi itu belum terjadi, dan sekarang kami punya masalah serius."

Pernyataan juara dunia sembilan kali grand prix itu muncul, meskipun tim independen sudah memberikan laporan bahwa risiko radiasi nuklir di Motegi bisa "diabaikan". Kekhawatiran tetap ada, karena jarak Motegi dengan reaktor nuklir Fukushima terbilang dekat, yaitu sekitar 110km.

Memang, sempat ada penolakan dari sejumlah pebalap tentang balapan di Jepang ini. Pemimpin klasemen sementara, Stoner, dan sang juara bertahan, Lorenzo, merupakan pebalap yang paling vokal tentang rencana pemboikotan. Tetapi sikap mereka melunak, dan pada awal pekan ini, Yamaha mengonfirmasikan bahwa Lorenzo (dan rekan setimnya, Ben Spies), sudah pasti tampil di Motegi.

Nah, pada hari Kamis sore (15/9/11) di Aragon, giliran Rossi yang masuk daftar pebalap yang akan pergi ke Motegi.

"Saya akan pergi ke Jepang untuk balapan ini," ujar pebalap Italia tersebut. "Semua hasil tes (radiasi) negatif, dan tampaknya cukup aman, sehingga ya, saya akan pergi untuk ikut balapan di Motegi."

Seharusnya GP Jepang musim 2011 ini berlangsung pada bulan April lalu. Tetapi akibat bencana gempa bumi dan tsunami yang menimpa negeri tersebut, maka GP Jepang ditunda dan dijadwal ulang pada 30 September-2 Oktober.

Sumber : Kompas

Berita Terkait : 
Honda : Stoner dkk Harus Ikut GP Jepang
Yamaha Pastikan Lorenzo-Spies Tampil Di Jepang 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar