Kamis, 15 September 2011

BMKG Menambah Pantauan Zona Musim


KOMPAS/ASWIN RIZAL HARAHAP
Petugas Stasiun Meteorologi Maritim Makassar Badan Meteorologi Klimatologi 
dan Geofisika (BMKG) memantau kecepatan angin dan tinggi gelombang 
di sejumlah peraira


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menambah pantauan zona musim. Semula di seluruh wilayah Indonesia dibagi menjadi 220 zona musim, tahun ini ditingkatkan menjadi 342 zona muism.

Dari sebanyak itu, masih terdapat 65 zona musim lainnya yg belum dapat dipastikan masa perubahan musimnya, kata Kepala Pusat Iklim Agroklimat dan Iklim Maritim pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Nurhayati, Selasa (13/9/2011), di Jakarta.

Ada kasus khusus mengenai penentuan zona musim yang bertambah, seperti di wilayah sekitar Bogor, Jawa Barat, terjadi penyempitan zona musim. Begitu pula, di wilayah Cilacap, Jawa Tengah, ada perubahan yang semula nonzona musim menjadi zona musim.

Sebanyak 131 zona musim diprediksi BMKG memasuki musim hujan pada Oktober, 121 zona musim memasuki musim hujan pada November. Se belumnya, pada bulan Agustus lalu sebanyak 9 zona musim dan pada September ini 29 zona musim telah memasuki musim hujan, semuanya di wilayah Sumatera.

Prakiraan ini dibandingkan data 30 tahun periode 1981 hingga 2010 dengan hasil perbandingan 213 zona musim pada waktu yang sama, sedangkan 87 zona musim mundur, dan 42 zona musim maju, kata Nurhayati.

Sumber : Kompas

Berita Terkait :  Hujan Lebat Akhirnya Guyur Semarang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar